0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sistem Pengupahan Baru Bakal Rangsang Investor

Demo buruh

Solo – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah menyambut baik rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang pengupahan. Pasalnya dalam rancangan tersebut sistem pengupahan akan didasarkan pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Kita sepakat upah buruh harus naik setiap tahun. Namun mestinya didasarkan pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi, sehingga tidak memberatkan pengusaha seperti sekarang,” ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah, Frans Kongi saat dihubungi wartawan, Kamis (15/10).

Dengan adanya sistem pengupahan baru tersebut, pihaknya yakin bisa merangsang investor asing untuk menanamkan modal di dalam negeri. Sehingga pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh dan masyarakat semakin sejahtera nantinya.

“Jika mekanisme pengusulan upahnya seperti sekarang ini investor cenderung takut. Karena selain tidak jelas perhitunganya, kesannya justru sangat politis dan hasilnya tidak sedikit yang memberatkan pengusaha,” jelasnya.

Frans juga menyampaikan, jika rapat Dewan Pengupah (DP) mestinya tidak perlu lagi digelar setiap tahun. Namun bisa dilakukan lima tahun sekali antara pekerja dan pengusaha untuk mengevaluasi kebutuhan hidup layak (KHL).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge