0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembajakan Sebabkan Kreativitas Seniman Anjlok

timlo.net/heru murdhani

Rhoma Irama

Solo – Raja Dangdut Rhoma Irama mengeluhkan tentang turunnya produktivitasnya dalam mencipta karya musik. Hal ini bukan tanpa alasan, penyanyi yang akrab disapa Bang Haji ini mengatakan pembajakan telah membuatnya kehilangan gairah dalam bermusik.

“Dulu dalam satu bulan saja kita mampu buat beberapa lagu, sekarang dalam waktu satu tahun saja belum tentu kita bisa buat satu lagu,” ungkapnya saat ditemui dalam Demo Damai Seniman Anti Pembajakan, di halaman perusahaan rekaman Lokananta Solo, Kamis (15/10).

Rhoma yang juga Ketua Komisioner Pencipta Lagu, Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) menambahkan, pembajakan telah memangkas kreativitas seniman. Karena seniman merasa karya-karyanya tidak dihargai dan tidak bisa berkembang dengan baik.

Padahal, menurutnya industri musik tanah air adalah salah satu industri kreatif yang paling siap dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Dengan kreativitas tersebut dirinya yakin musisi-musisi tanah air mampu menembus pangsa pasar ASEAN, dan menghasilkan devisa bagi negara.

“Karenanya pemberantasan pembajakan bukan hanya untuk kepentingan seniman, melainkan untuk kepentingan negara juga,” paparnya.

Dia mencontohkan keberadaan industri musik di Amerika yang bisa memberikan pemasukan terbesar kedua bagi negara. Sedangkan di Indonesia, faktor pembajakan ini membuat seniman enggan berkarya, sehingga tidak ada pemasukan baik bagi seniman maupun bagi negara.

Dirinya juga menyoroti upaya penegakan hukum dalam kasus-kasus pembajakan. Menurutnya selama ini upaya tersebut belum bisa menjerat produsen dan pengedarnya. Selama ini baru sebatas penyitaan produk bajakan dan pemusnahan saja.

“Jadi belum ada produsen yang ditangkap. Alangkah baik, jika bisa ditangkap dan bisa diproses hukum, tentunya akan memberikan efek jera bagi pelaku lainnya di semua daerah di Indonesia,” katanya.

Demo anti pembajakan ini diisi dengan sajian musik dangdut, orasi kebudayaan, dan pemusnahan ribuan keping VCD bajakan hasil sitaan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah. Selain itu Rhoma Irama juga menghibur peserta demo dengan memperdengarkan suara emasnya lewat satu tembang berjudul Menunggu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge