0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Overload, Pasar Kacangan Bakal Dipindah

timlo.net/nanin

Pasar Kacangan, Andong Paska kebakaran

Boyolali — Paska kebakaran di Pasar Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali, pemerintah setempat berencana memindahkan pasar tersebut ke lokasi lain, tahun 2016 mendatang. Alasan utama pemindahan tersebut lantaran jumlah pedagang sudah melebihi kapasitas pasar atau overload.

”Tahun depan kita pindah, sudah kita komunikasikan dengan pedagang,” kata Camat Andong, Sucipto, Kamis (15/10).

Meski demikian, Sucipto membantah bila pindahnya Pasar Kacangan karena kebakaran. Saat ini, pasar itu hanya memiliki luas tanah 3.000 meter persegi untuk 60 kios dan 300 los. Selain itu, kondisi pasar yang berada di pinggir jalan Karanggede-Gemolong, juga sering mengakibatkan jalur menjadi macet. Utamanya pada hari pasaran Pahing dan Wage.

“Depan pasar kan jalur alternatif ke Sragen dan Jawa Timur, jadi selalu padat,” tambah Sucipto.

Disinggung tentang lokasi pemindahan, nantinya akan berada di Desa Kacangan. Tepatnya di areal tanah kas desa di belakang pemukiman penduduk seberang jalan Pasar Kacangan. Selain itu, pasar nantinya juga akan dilengkapi dengan sub terminal.

“Tanah kas desa yang kita pakai, nanti akan ada pergantian tanah,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Suyitno, pemindahan pasar tersebut pada tahap awal bakal dianggarkan dana Rp 3 Miliar untuk pengadaan tanah. Uang sebesar itu berasal dari APBD Boyolali.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge