0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati 1 Suro, Sumarno Gelar Ritual Kirab Pusaka

Ritual Satu Suro di Desa Bogem, Bayat, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Memperingati satu Suro atau satu Muharram dalam kalender Hijriyah (Islam), Sumarno (58) menggelar ritual kirab pusaka Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di kediamannya di Dukuh Prengguk Wetan, Desa Bogem, Kecamatan Bayat, Rabu (14/10) malam.

“Ritual ini sudah saya lakukan berpuluh-puluh tahun setiap 1 Suro untuk mengemban dhawuh Panembahan Senopati ke IX serta melestarikan kebudayaan Jawa. Berdoa kepada Allah SWT melalui perantara para nabi dan para wali,” ujar Sumarno, Rabu (14/10).

Dengan diiringi lantunan Shalawat Badar, Sumarno bersama rombongan yang terdiri dari istri dan anak-anaknya, berjalan mengelilingi rumahnya tanpa alas kaki. Dia memimpin rombongan dengan memegang dua keris berbungkus mori putih.

Tiba di sekitar pohon belimbing mungil di teras rumahnya, Sumarno lantas menancapkan keris Kyai Jangkung dan Kyai Keris Bala Gumandul di pelepah pisang yang sebelumnya telah berdiri tiga tombak Kyai Cacing Kanil. Dengan duduk bersila di tikar, di tempat itu juga berjejer aneka rupa sesaji berupa nasi tumpeng, nasi kuning, jajanan pasar hingga degan ijo.

“Nanti sekitar pukul 12 malam, lampu akan dimatikan semua dan saya akan meditasi, berdoa memohon ampun kepada Allah. Pasalnya, selama 25 tahun sebagai paranormal saya dimintai tolong warga sana-sini meniup anak nangis, mungkin ada dosa atau kesalahan yang saya perbuat,” ujarnya.

Tidak hanya untuk diri sendiri, lanjut Sumarno, dirinya juga akan berdoa kepada semua pemangku kebijakan publik, mulai dari Ketua RT sampai Presiden. Supaya jauh dari bala dan selalu diberi keselamatan, kebijaksanaan dalam memimpin rakyatnya.

“Satu Suro ini juga bertepatan dengan momentum Pilkada Klaten. Semoga rakyat memilih pemimpin secara jernih, jangan yang ledha-ledhe. Pemimpin itu sang pamomong, yang berdiri tegak, harus berbudi luhur, dan mampu momong rakyatnya,” tukasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge