0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

365 Guru Karanganyar Ikut Lomba Guru Berprestasi

Kantor Disdikpora Karanganyar (dok.timlo.net/nanang)

Karanganyar — Sebanyak 365 guru berprestasi tingkat TK hingga SMA se-Kabupaten Karanganyar mengikuti lomba guru berprestasi yang diadakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Lomba tersebut untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam mengajar. Lomba digelar di SMKN 2 Karanganyar, Senin dan Selasa (12-13/10).

“Lomba ini pertama kali digelar dan hanya satu-satunya di Provinsi Jawa Tengah,” kata Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar Sularno, Kamis (15/10).

Totalnya ada 365 guru, meliputi 17 guru TK, 102 guru SD, 55 guru SMP, 126 guru SMA, dan 65 guru SMK. Temanya ”Lomba Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran dalam Rangka Menuju Guruku Idolaku”.

”Biasanya yang sering digelar lomba guru khusus yang prestasi,” jelas Sularno.

Kali ini, guru yang ikut lomba adalah guru pilihan dari masing-masing kecamatan. Misalnya guru TK berprestasi tingkat kecamatan, hingga guru mata pelajaran yang berprestasi. Adapun dalam penilaian lomba tersebut meliputi beberapa kriteria. Yakni portofolio, rencana penyusunan pembelajaran dan silabus, presentasi, dan pear teaching (mengajar kelas kecil).

”Kegiatan digelar dua hari dengan tim penilai dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah,” imbuhnya.

Lomba tersebut untuk mengingkatkan profesionalisme guru. Setiap guru dituntut mampu menguasai empat kompetensi. Yakni kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional. Ada uang pembinaan, piagam, dan tropi.

”Guru tidak sekadar memberi pelajaran, tapi harus mempunyai kreativitas sendiri dalam menyampaikan materi pelajaran,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge