0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malam 1 Sura, Sembilan Pusaka Dikirab

timlo.net/heru murdhani

Kirab Pusaka Keraton Kasunanan Surakarta

Solo – Keraton Kasunanan Surakarta merayakan malam satu Suro pada Rabu (14/10) malam. Perayaan ini dihadiri oleh ribuan kerabat, sentana dan para abdi dalem Keraton Surakarta. Prosesi kirab berlangsung tertib dan khidmat, ratusan petugas keamanan dari kepolisian, resimen mahasiswa dan pramuka turut berjaga mengamankan ribuan warga yang tumpah ruah di kawasan depan Keraton.

“Perbedaan ini terjadi setiap empat tahun sekali atau pada tahun kabisat,” ungkap Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusumo.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan tahun baru jawa ini dilakukan pada hari pertama penanggalan Hijriah. Meskipun sama-sama menggunakan perhitungan kalender bulan, namun ada perbedaan antara tahun Hijriah dan tahun Jawa.

Dia mengatakan, jauh-jauh hari telah mensosialisasikan perbedaan tanggal ini kepada masyarakat. Menurutnya Keraton Surakarta tetap berpedoman pada penanggalan dan perhitungan yang dibuat oleh Sultan Agung, sehingga Keraton mengambil keputusan untuk mengundur kirab malam satu Suro pada hari ini.

“Meskipun ada warga yang kecele karena kemarin datang, tetapi perayaan kali ini juga tetap ramai, bahkan juga banyak yang kemarin datang, sekarang datang lagi,” katanya

Dalam kirab tersebut diarak sebanyak sembilan pusaka milik Keraton. Selain itu juga turut dalam rombongan terdepan kirab, sembilan kerbau keturunan Kyai Slamet.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge