0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Baru Hijriyah, Bukan Hura-Hura

timlo.net/nanang rahadian

Pawai Taaruf sambut 1 Muharram 1437 H

Karanganyar — Menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam1437 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Baznas, MUI, DMI, dan Takmir Masjid Agung Karanganyar menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Dari pengajian akbar hingga pawai taaruf yang diikuti ribuan pelajar.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun,” kata Ketua Panitia Peringatan Tahun Baru 1437 Hijriah, Iskandar, Rabu (14/10).

Iskandar mengatakan egiatan diawali dengan pembukaan berupa pengajian akbar, Sholatul Lail berjamaah dan doa bersama di Masjid Agung Karanganyar, Selasa (13/10). Kegiatan itu sekaligus launching Majelis Tausiyah dan Konsultasi (Takon) Masjid Agung Karanganyar.

“Majelis Takon ini akan rutin dilaksanakan setiap 35 hari sekali,” jelas Iskandar.

Kegiatan selanjutnya adalah Pawai Taaruf, Rabu (14/10) dari Gedung Wanita hingga Alun-Alun Kabupaten Karanganyar. Kegiatan diikuti 2.026 siswa RA/BA/TK sebanyak 49 regu, 22 regi SD/MI, dan 15 regu SMP/MTs/TPQ.

Selain Pawai Taaruf, panitia juga menyelenggarakan Festival Rebana yang diikuti grup rebana dari 17 kecamatan di Karanganyar. Kegiatan ditutup dengan Dialog Pemikiran Islam di Aula Baznas Karanganyar pada Rabu (21/10).

”Ini bukan hura-hura, melainkan sebagai wadah evaluasi. Apa yang telah dilakukan kemarin dan membangun semangat tahun depan yang lebih baik,” jelasnya.

Iskandar menuturkan kegiatan yang diselenggarakan bernuansa religius. Semangat kebersamaan yang bernuansa religius sehingga ada pengaruh untuk kehidupan umat. Penyelenggaraan kegiatan dipusatkan di Masjid Agung supaya masjid menjadi tempat pusatnya pendidikan Islam.

“Masjid bukan hanya tempat salat, tempat mengaji, mengkaji, pendidikan, tetapi juga pusat pengembangan budaya dan ekonomi,” tutur Iskandar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge