0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, Even Hajatan Disusupi Kampanye Terselubung

Solo – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo mengendus adanya kampanye terselubung dalam hajatan pernikahan. Modus yang dipakai, calon walikota atau calon wakil walikota diberikan kesempatan berbicara di sela hajatan.

“Kami menemukan kampanye di hajatan ini di beberapa lokasi. Calon datang seperti biasa sebagai warga. Namun, setelah seremoni pernikahan usai, tuan rumah panitia memberikan kesempatan kepada calon untuk berbicara di panggung,” kata anggota Panwaslu Solo, Asmuni, kepada wartawan, Rabu (14/10).

Menurut Asmuni, dalam satu hari, calon bisa melakukan kampanye di hampir lima lokasi hajatan. Kampanye di hajatan, imbuhnya, tidak tepat lantaran bukan pada tempatnya. Terlebih, kampanye di hajatan dilakukan bukan pada jadwal kampanye calon bersangkutan.

“Jika itu dilakukan saat bertepatan dengan jadwal kampanye bukan suatu masalah, namun jika diluar jadwal sedangkan isi pidato memenuhi unsur kampanye maka masuk kategori pelanggaran,” terang dia.

Menyikapi hal itu, Panwaslu memerintahkan pengawas di tingkat kecamatan atau kelurahan agar melakukan upaya preventif dengan memberikan penjelasan kepada tuan rumah. Jika sudah diberikan penjelasan, namun tuan rumah tetap nekat memberi panggung kepada calon, Asmuni meminta pengawas merekam isi pidato calon.

“Jika ada bukti rekaman, akan kami berikan surat peringatan. Panitia hajatan juga akan kami minta keterangan,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge