0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Aceh Singkil, Polisi Amankan 40 Warga

merdeka.com

Kapolri, Jendral Badrodin Haiti

Timlo.net –¬†Sejumlah tindakan sudah dilakukan polisi menyusul kerusuhan di Aceh Singkil, Selasa (13/10). Selain penyekatan di perbatasan dengan Sumatera Utara (Sumut), sudah 40 warga diamankan untuk diproses sesuai hukum.

“Dilakukan penyekatan-penyekatan, karena ada beberapa masyarakat yang mengungsi ke Sumatera Utara. Gubernur dan Kapolda sudah di sana. Tentu kita akan melakukan upaya-upaya supaya masyarakat bisa tenang,” kata Kapolri, Jenderal Pol Badrodin Haiti , Rabu (14/10).

Orang nomor satu di Kepolisian ini memastikan para pelaku kerusuhan akan menjalani proses hukum.

“Ada sekitar 40 lebih sedikit yang sudah ditangani, yang sudah ditangkap. Ini (masih) proses pemeriksaan. Nanti dari situ, siapa-siapa yang bisa dijadikan tersangka akan dijadikan tersangka. Tentu dari hasil pemeriksaan,” ujarnya.

Kapolri kembali membeberkan, akar masalah kerusuhan ini bermula sejak sekitar dua bulan lalu. Saat itu memang ada 21 gereja yang tidak memiliki izin.

“Ya gereja kecil itu ada 21. Tetapi sebagian sudah bisa diselesaikan mungkin tinggal 10 atau 14 yang masih perlu diselesaikan,” ucapnya.

Sehari sebelum kerusuhan, Senin (12/10), sudah ada pembicaraan dan ada kesepakatan antara pemerintah daerah, termasuk bupati, dengan tokoh masyarakat yang ada di Aceh Singkil. Isinya, pelaksanaan pembongkaran gereja dilakukan 2 minggu setelah kesepakatan.

“Setelah tanggal 19 kalau tidak salah. Tetapi sebagian (warga) tidak mengakui kesepakatan yang dibuat itu. Sehingga masyarakat melakukan aksi anarki,” jelas Kapolri.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge