0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Solo Nilai Panwaslu Tidak Konsisten

foto: Daryono

ilustrasi

Solo – Rekomendasi perihal jumlah alat peraga kampanye (APK) melanggar yang dikeluarkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo heran. Pasalnya, Panwaslu bersama stakeholder lainnya ikut menyetujui penentuan titik pemasangan APK.

“Saat penetapan titik, Panwaslu, tim pemenangan calon, KPU, Polresta dan Pemkot sudah tandatangan. Tidak hanya tanda tangan, tetapi juga ada berita acaranya. Artinya, KPU tidak menentukan titik sendiri. Kalau sekarang Panwas menyebut titik pemasangan itu salah, dulu bagaimana?,” kata Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti, saat dihubungi wartawan, Rabu (14/10).

Nurul menilai, Panwaslu tidak konsiten. Hal itu mengingat penentuan titik-titik pemasangan APK juga merupakan masukan dari Panwaslu.

Terkait rekomendasi Panwaslu tersebut, Selasa (13/10) kemarin, KPU sudah menggelar rapat internal untuk menyikapinya. Hasil rapat memutuskan, KPU akan menerjunkan personil panitia pemungutan suara (PPS) untuk mengkroscek titik-titik pemasangan APK yang direkomendasikan Panwaslu.

“Kami cek ke lokasi dulu seperti apa. Setelah itu baru kami ambil sikap. Kalau (APK) rusak, itu tanggung jawab pemeliharaan pihak ketiga. Kalau hilang harus ada laporan dari paslon sesuai SE (Surat Edaran) KPU RI No 629. Kami harus merevisi anggaran untuk mengganti APK yang hilang,” jelas dia.

Setelah jelas titik-titik APK mana yang melanggar, tambah Nurul, KPU akan kembali mengundang stakeholder terkait untuk memberitahukan lokasi baru pemindahan APK. Hal itu agar KPU tidak dipersalahkan lagi dalam perbaikan pemasangan APK mendatang.

Diberitakan sebelumnya, selama satu bulan pelaksanaan kampanye, Panwaslu merekomendasikan perbaikan pemasangan APK yang melanggar dengan total 124 titik APK melanggar. 85 APK Anung Indro Susanto – M. Fajri, sisanya 39 merupakan APK FX Hadi Rudyamo – Achmad Purnomo. Pemasangan APK resmi dilakukan oleh KPU

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge