0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Sejati Giriwoyo Kembali Geruduk PT Ratna

timlo.net/tarmuji

Perusahaan tambang batu andesit milik PT Ratna

Wonogiri — Aktifitas tambang batu andesit milik PT Ratna di Dusun Tulakan Desa Sejati Kecamatan Giriwoyo, kembali disoal warga. Pasalnya, beberapa hari belakangan suara ledakan dinamit dan debu-debu aktifitas kendaraan pengangkut batu mengganggu warga setempat.

“Beberapa hari terakhir suara ledakan dinamit untuk memecah batu kembali terdengar. Getaran ledakanya membuat dinding rumah warga turut bergetar kuat. Bahkan, suara dentuman begitu amat keras sehingga membuat anak-anak kecil yang kaget menangis,” ujar tokoh masyarakat setempat, Suryanto, Selasa (13/10).

Menurutnya, warga kembali resah dengan kondisi saat ini. Dengan kondisi ini, pihaknya mengambil langkah untuk mendatangi keresahan warga. Dia bersama puluhan warga menggruduk perusahaan tambang batu andesit tersebut.

“Kami meminta agar aktifitas pertambangan dihentikan,” katanya.

Dikatakan, warga juga memprotes debu yang berasal dari kendaraan pengangkut batu yang bertonase besar. Setiap hari lebih dari 10 truk lalu lalang didusunnya. Dia juga menyebut, jika terlalu lama keadaan ini dibiarkan, kesehatan warga dapat terganggu.

“Tadi bertemu dengan salah satu pihak perusahaan, kata mereka ledakan dan getaran karena terlalu dekat dengan lubang yang lain, ” tuturnya.

Suryanto juga menambahkan, pihak perusahaan juga berjanji akan menanggulangi masalah debu yang mengganggu warga. Sementara warga hanya bisa pasrah menunggu niat baik dari pihak perusahan. Menurutnya, waktu dulu, perusahaan pernah berjanji, namun kenyataannya debu dan suara ledakan masih ada.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge