0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Humas Pemda Masih Gunakan Paradigma Lama

Kepala Pusat Litbang Literasi dan Profesi Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informasi, Gati Gayatri (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Fungsi dan peran Humas pemerintah daerah (Pemda) masih menggunakan paradigma lama, yang tidak dilandasi nilai-nilai demokratisasi dan transparasi, tetapi masih hanya dilandasi komunikasi dan informasi publik.

“Hanya semata-mata menyebarkan informasi publik. Tidak menciptakan sepahaman di antara keduabelah pihak,” ujar Kepala Pusat Litbang Literasi dan Profesi Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informasi, Gati Gayatri saat bertemu Timlo.net seusai berbicara tentang Komunikasi Pemerintahan Dalam Konteks Budaya dan Perpektif Ke-Indonesiaan, di Solo, Selasa (13/10).

Menurut Gati, fungsi Humas pemerintah adalah sebagai juru bicara lembaga, fasilitator, memberi pelayanan informasi kepada publik, menindaklanjuti pengaduan publik, menyediakan informasi tentang kebijakan, program, produk dan jasa lembaga, menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis, serta menjadi penghubung lembaga dengan pemangku kepentingan.

Dijelaskan, kompetensi yang harus dimiliki Humas pemerintah, antara lain, kompetensi ketrampilan, dalam hal ini berbicara persuasif dan menulis efektif. Kompetensi penguasaan wawasan, yakni pemahaman tentang media berita, pemahaman tentang aspek keuangan dan bisnis, pemahaman tentang proses manajerial. Kompetensi manajerial, yakni kecakapan dalam pemecahan masalah, kecakapan dalam pengambilan keputusan, kecakapan dalam menangani orang.

“Yang terakhir, kompetensi profesionalisme, yakni stabilitas emosi, berpikir logis dan kreatif, penyimak yang baik, antusiasme atas banyak hal, rasa ingin tahu ilmiah, penampilan dan etiket, beretika profesional,” jelasnya.

Karena itu, kata Gati, Kementerian Kominfo membuka beasiswa bagi mereka yang berkecimpung dalam Humas pemerintahan, untuk menimba ilmu terkait dengan komunikasi. Karena komunikasi merupakan induk dan tidak bisa dilepaskan dari kehumasan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge