0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Bersejarah Di Solo Diabadikan Dalam Sketsa

Rumah bersejarah

Dok: Timlo.net/Facebook Rully Novianto

Rumah bersejarah

Timlo.net—Sebuah rumah yang terletak Jl Bhayangkara No.38, Laweyan diabadikan dalam bentuk sketsa oleh kelompok Indonesia’s Sketchers Solo dan Indonesia’s Sketchers Jogja pada Minggu (11/10). Alasan rumah ini dianggap menarik sebagai obyek sketsa adalah karena rumah itu menjadi saksi sejarah perundingan pelaksanaan gencatan senjata antara komandan Letnan Kolonel Ignatius Slamet Riyadi dengan pihak Belanda pada tanggal 11 Agustus 1949 atas dasar Perintah Presiden RI tanggal 03 Agustus 1949 di Kota Surakarta.

Sebelum proses perundingan gencatan senjata itu, di Solo sendiri terjadi Serangan Umum Surakarta atau juga disebut Serangan Umum Empat Hari berlangsung pada tanggal 7 -10 Agustus 1949 secara gerilya oleh para pejuang, pelajar, dan mahasiswa.

Dalam salah satu foto yang diposting pengguna Facebook Rully Novianto, terlihat kondisi rumah bersejarah yang dulu dimiliki oleh Ir. Seseto Hadinegoro itu sekarang tidak terawat. Kondisi ini disayangkan para pengguna Facebook lainnya.

“Sy sempat melihat beberapa bagian kayu bangunan sdh mulai keropos dan rusak…terutama yg di bagian belakang. Sangat disayangkan jika terlambat di renovasi,” tulis Rully dalam akun Facebooknya, Minggu (11/10).

“Sayang ya Pak, Pemkot lupa akan rumah bersejarah ini.. atau tidak peduli?” komentar Shaggy Sigit Sarwanto yang juga adalah admin dari grup Facebook Kota Solo.

Seorang pengguna lain bernama Bambang Nugroho berkomentar: “Rumah tersebut milik mas iwan lukminto, rumah berada di sampingnya rumah bapak achmad purnomo, beberapa kawan2 ingin mengusulkan ke mas iwan, supaya bisa dijadikan museum sejarah dan bisa juga skalian show room sritex, tanpa merubah bentuk bangunan.”

Komentar tersebut mendapat dukungan dari beberapa pengguna lainnya. “Setuju Mas Bambang Nugroho, jadikan Museum Perjuangan Kota Solo…..,” tulis Abdullah Soewarno.

Dalam acara itu belasan Indonesia’s Sketchers Solo dan IS Jogja (Indonesia’s Sketchers Jogja) tampak menyeketsa rumah bersejarah dan membahasnya. Mereka juga membersihkan prasasti yang dinilai bersejarah penting dalam aktifitasnya.

Silahkan kunjungi group dan guratan sketsa mereka di link berikut ini:

https://www.facebook.com/groups/144900899013873/

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge