0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Korsel, Megawati Masih Dipanggil Presiden

Spanduk penyambutan Megawati Soekarnoputri di Busan, Korsel

Timlo.net – Ada kejadian lucu saat mantan presiden Megawati Soekarnoputri melawat ke kota Busan, Korea Selatan kemarin. Di pintu pusat informasi wisata dan bisnis Indonesia setempat terdapat spanduk bertuliskan “Selamat datang Ibu Presiden Megawati Soekarnoputri di Busan Indonesia Centre!”

Sontak, spanduk ini memicu perdebatan di dunia maya. Ada netizen mengingatkan KBRI Seoul, menanyakan maksud pemasangan spanduk untuk acara bertanggal 18 Oktober mendatang.

“Sungguh terlalu,” tulis akun twitter @siturtm.

Akun facebook Arkian Damaris juga mengingatkan bahwa Megawati tidak perlu ditulis dengan embel-embel presiden.

“Karena sekarang Presiden Republik Indonesia adalah Joko Widodo.”

Ada pula akun yang justru menjadikan gambar ini ejekan untuk Presiden Jokowi. Megawati, selaku Ketua Umum PDI Perjuangan, setahun terakhir dituding politikus oposisi lebih dominan dalam pengambilan kebijakan politik dibanding RI-1.

“Korea Selatan sudah tahu kenyataan yang sebenarnya :)” tulis akun @SalamehHamzah.

Dalam klarifikasi tertulis yang disebar di Facebook, KBRI Seoul membenarkan bahwa spanduk itu terpasang sejak kemarin (12/10). Namun, sang pembuat spanduk ini bukan dari unsur pemerintah, melainkan seorang dosen setempat bernama Kim Soo-il. Atas inisiatif pribadi, dia membuat spanduk tersebut tanpa berkonsultasi dengan KBRI.

Kim sekaligus pemilik gedung yang disewa Busan Indonesia Centre dan KBRI untuk pelayanan kekonsuleran. Megawati akhir pekan ini memang melawat ke tiga kota di Korsel, termasuk Busan. Di kota ini, cukup banyak WNI yang bermukim, sehingga Megawati diagendakan menemui mereka.

“KBRI Seoul telah meminta pemilik gedung untuk memperbaiki spanduk tersebut dengan penyebutan Presiden RI ke-5,” seperti dikutip dari keterangan tertulis itu.

Ketika berita ini dilansir, spanduk itu kabarnya telah dicopot dan tulisannya segera direvisi.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge