0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Ada Ijin, PT DMST Didemo Warga Plumbon

timlo.net/agung widodo

Aksi para warga terhadap PT DMST Dukuh Gunungsari, Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan, Senin (12/10).

Sragen – Warga Dukuh Gunungsari, Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan menggelar aksi di depan PT Delta Merlin Sandang Tekstil (DMST), Senin (12/10). Mereka menanyakan ijin gangguan lingkungan sekaligus aktivitas pengecoran jalan di lingkungan pabrik. Dalam aksi unjuk rasa tersebut, warga membentangkan berbagai poster bernada protes.

“Jika tuntutan warga tidak dipenuhi, warga mengancam bakal menutup akses jalan menuju pabrik. Sebab akses yang dilintasi selama ini merupakan jalan kampung,” kata salah satu warga Gunungsari, Ali.

Ali menuturkan, selama ini PT DMST dinilai belum mengantongi ijin. Padahal pabrik sudah beroperasi selama sekitar setengah tahun. Warga berharap pihak pabrik meminta ijin lingkungan kepada warga setempat. Dalam aksi tersebut perwakilan warga dan para ketua RT melakukan pertemuan dengan pihak manajemen.

Kapolsek Sambungmacan AKP Haryanto yang ikut dalam peetemuan itu membenarkan, warga menanyakan perijinan PT DMST, seperti hinder ordonantie (HO) atau ijin gangguan, Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan terkait kompensasi kepada warga.

”Mediasi akan dilanjutkan Kamis (15/10) mendatang. Selain melibatkan warga dan manajemen, Pemkab Sragen selaku pihak yang berwenang mengeluarkan perijinan parik juga akan dihadirkan,” katanya.

Sementara itu kuasa hukum PT DMST, Saifuddin membantah bila pabrik tidak memiliki ijin. Menurutnya masalah itu muncul lantaran ada beberapa orang yang merasa tidak puas.

“Itu tidak benar, karena semua proses perijinan sudah kami lalui dengan prosedur yang benar,” kata Saifuddin.

 

 

 

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge