0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persiapan Kirab 1 Suro, Kerbau Pusaka Jalani Pemanasan

timlo.net/heru murdhani

Kebo Kyai Slamet

Solo – Keraton Kasunanan Surakarta mulai bersiap untuk menyambut datangnya bulan Suro. Persiapan jelas terlihat di halaman Keraton Senin (12/10), kerbau-kerbau yang akan dikirab pada Rabu (14/10) besok, menjalani pemanasan.

“Ini hanya pemanasan saja, biasanya kan kerbau ini selalu berada di kandang, jadi ini kita keluarkan untuk berjalan-jalan, apalagi rute yang akan ditempuh cukup jauh,” ungkap Wakil Pengangeng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pengeran Aryo (KPA) Winarno Kusumo.

Selain untuk pemanasan, pria yang akrab disapa Kanjeng Win ini mengatakan, kerbau dikeluarkan agar akrab dengan suasana yang ramai, sehingga tidak terjadi kendala saat kirab. Dijelaskan biasanya kerbau-kerbau ini kadang mogok saat hendak dikirab, karena belum terbiasa dengan suasana yang ramai, lantaran antusiame masyarakat yang hadir.

“Ya biar akrab dengan keramaian dulu, supaya besok tidak mogok. Kadang mereka mogok kalau melhat banyak orang, kaget mungkin,” katanya.

Sementara, pekatik (orang yang bertugas untuk merawat kerbau – Red) Keraton Kasunanan, Heri Sulistyo mengatakan, tidak ada ritual khusus untuk kerbau yang akan diarak. Dia mengatakan, kerbau-kerbau itu hanya dimandikan dan dibersihkan saja. Selain itu untuk menjaga stamina kerbau, dirinya memberikan pakan ekstra berupa jagung dan ubi jalar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge