0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenag dan Polres Selidiki Dugaan Pernikahan Sejenis

timlo.net/nanin

Ratu Airin Karla atau Daroni bersanding bersama Dumani, warga Musuk, Boyolali

Boyolali — Kantor Kementrian Agama Boyolali melakukan penelusuran dugaan pernikahan sejenis di Musuk. Dari penelusuran awal, Kemenag tidak menemukan adanya pernikahan sejenis. Meski muncul undangan yang mengarah ke pernikahan.

“Kita sudah cek, tidak kita temukan pernikahan sejenis, mungkin ini dilakukan untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat,” kata Kemenag Boyolali, Saerozi, Senin (12/10).

Pihaknya sempat mencurigai pemalsuan identitas atas nama Darino, warga Dukuh Germoyo, Desa Cluntang. Yang bersangkutan telah berubah nama menjadi Ratu Airin Karla. Namun setelah dicek di KTP, ternyata tetap menggunakan nama Darino dengan jenis kelamin laki-laki.

“Kita juga cek ke KUA Musuk tidak ada pengajuan pernikahan sejenis, untuk birokrasi tidak ada pelanggaran,” tambahnya.

Dijelaskan Kemenag, pernikahan yang diakui adalah pernikahan antara lelaki dan perempuan. Sedangkan pernikahan sejenis, dilarang agama dan melanggar UU Pernikahan. Kemenag sendiri akan melakukan sosialisasi agar kasus Ratu Airin Karla dan Dumani ini tidak terulang kembali dan tidak membudaya.

“Kita sangat prihatin, jangan sampai nanti ada Ratu-Ratu yang lain,” tambahnya.

Disisi lain, Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono, mengungkapkan juga sudah melakukan penyelidikan. Sejauh ini, Kapolres belum menemukan adanya indikasi pernikahan sejenis. Selain itu, kasus Ratu Airin ini tidak bisa dipidanakan.

“Masih kita kaji lagi,” ungkap Kapolres.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge