0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Irigasi Mengering, Petani Ramai-Ramai Panen Awal

timlo.net/putra kurniawan

Petani panen lebih awal dari jadwal yang seharusnya

Sukoharjo — Sejumlah petani di sepanjang saluran irigasi Colo Timur memanen padinya lebih awal dari jadwal yang semestinya. Mereka takut jika tidak segera dipanen justru tanaman yang sudah menginjak usia tiga bulan ini mati dan mengakibatkan gagal panen.

“Daripada beresiko lebih baik kita penen lebih awal daripada nanti jika kekurangan air padinya justru tidak berisi, memang masih rugi tapi tidak ada cara lain agar tidak tambah merugi,” kata salah satu petani di Nguter, Sabar, Senin (12/10).

Di Kecamatan Bendosari, sebagian besar petani juga segera memanen padi mereka lebih awal karena air dari saluran irigasi sudah tidak mengalir sejak ditutup. Sedikit lebih beruntung karena rata-rata di sini padi sudah mulai menguning dan dalam beberapa hari ke depan sudah siap panen.

Kondisi ini diakui dari Dinas Pertanian Sukoahrjo tidak sampai mengakibatkan gagal panen, mengingat jauh-jauh hari sudah diberikan sosialisasi. Diharapkan petani di daerah yang rawan kekeringan untuk menunda tanam padi mereka sampai saluran irigasi kembali di buka.

“Kalau mau tanam ditunggu dulu sampai satu bulan, bisa dengan ditanami selain padi, daripada beresiko,” tandas Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo, Netty Harjanti.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge