0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunung Pegat Terbakar, Jalur Antar Propinsi Tersendat

Petugas Damkar, Polisi, TNI bahu membahu memadamkan api yang membakar lahan hutan negara Gunung Pegat (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hembusan angin yang cukup kencang membuat kobaran api menyambar semak belukar yang berada di lahan hutan negara Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Wonohgiri yang tepat berada di jalur lintas propinsi. Entah dari mana asal-usul titik api kali pertama, tiba-tiba saja api sudah merembet hingga puncak bukit. Hal ini sempat membuat arus lalu lintas tersendat.

“Saya tidak tahu api asalnya dari mana, tahu-tahu api sudah menjalar ke mana-mana,” ujar pengguna jalan, Daryanti, Senin (12/10).

Menurutnya, api dengan cepatnya membakar semak-semak dan rumpun bambu. Diperkirakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

“Warga sekitar dibantu dengan polisi dan anggota TNI berusaha membantu memadamkan apinya,” terangnya.

Dijelaskan, rumpun bambu yang terbakar tersebut persis berada di pinggir jalan antar propinsi, Wonogiri-Pacitan (Jatim). Menurut dia, api semakin menggila lantaran banyaknya pohon bambu kering yang ikut terbakar. Bahkan ada sejumlah pohon bambu yang tumbang ke tengah jalan.

“Untung saja tadi ada patroli polisi lalu lintas, kemudian ditambah anggota Polsek Nguntoronadi mengatur jalan. Memang tadi lalu lintas tersendat tapi sekarang sudah lancar,” katanya.

Sementara dari pantauan di lapangan, masih ada titik api di beberapa puncak bukit. Namun medan perbukitan yang terjal menghambat upaya pemadaman. Beruntung satu unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri tiba di lokasi kejadian. Hampir dua jam lebih api berhasil dijinakkan. Selain rumpun bambu yang hangus terbakar ada sejumlah tanaman lain, yakni pohon Sono Keling.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge