0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pria Ini Ceraikan Istrinya Lewat WhatsApp

Dok: TImlo.net/ The Independen.
WhatsApp for PC. (Dok: TImlo.net/ The Independen.)

Timlo.net—Seorang pria menceraikan istrinya lewat WhatsApp padahal mereka baru menikah selama tiga minggu. Lebih parah lagi, pria itu membandingkan istrinya dengan buah apel. Pria yang tidak disebutkan namanya itu menikahi seorang mahasiswi berusia 21 tahun setelah dijodohkan keluarganya. Tapi dia tidak bahagia.

Dalam sebuah pesan di WhatsApp dia berkata kepada istrinya jika wanita itu seperti buah apel. Jadi karena dia sudah mencicipinya jadi dia tidak menginginkan istrinya lagi.

Padahal ibu sang gadis sudah membayar keluarga pengantin pria dengan uang dan emas sebelum akhirnya pria itu menceraikan sang istri tiba-tiba. Sang gadis mengirim surat keluhan kepada komisi wanita di India. Dia mengaku dia berhenti dari kampusnya, di mana dia belajar ilmu kedokteran gigi, karena pernikahannya itu.

Komisi itu lantas memerintahkan jika suami sang gadis itu, pria berusia 27 tahun dari Vaikom di Kottayam, India harus ditemukan. Dalam hukum islam, perceraian bisa dilakukan jika sang suami berkata “talak” pada istrinya.

Tapi sebuah penelitian terkini di 10 negara bagian di India menyatakan jika talak lisan yang dikirim lewat Skype, SMS, email dan pesan WhatsApp semakin marak terjadi. Tren ini dianggap meresahkan bagi para wanita.

B Sugathakumari, mantan kepala komisi wanita di India berkata kepada Times of India: “Saya berpikir seharusnya seorang pemuda tidak bisa bertindak seperti ini. Komisi itu harusnya menyediakan perlindungan dan bantuan hukum terhadap sang gadis dan ibunya.”

Tapi beberapa cendekiawan Muslim di sana berpikir jika talak lewat WhatsApp sah. Seorang anggota dari Samanstha Kerala Jam-Iyyathul Ulama, sebuah organisasi Muslim Sunni di Kerala, India berkata, “Perceraian akan dikabulkan hanya jika ada diskusi antara sang pria dan istrinya dan keluarga mereka.”

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge