0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Untuk Orang Tua

Bantu Gadis Remaja Gunakan Internet Dengan Bijaksana

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Sebelumnya diberitakan jika berdasarkan penelitian di Inggris sosial media dan foto selfie bisa berpengaruh negatif terhadap kepercayaan diri para remaja puteri. Jika Anda sebagai orang tua merasa puteri remaja Anda mulai mengalami masalah dengan kepercayaan dirinya karena menggunakan sosial media, berikut beberapa tips untuk menolong mereka:

1. Kehidupan nyata vs online

Ingatkan puteri Anda jika sosial media seringkali hanyalah cuplikan kehidupan. Orang seringkali memilih bagian yang ingin mereka tunjukkan: foto yang terbaik, yang diedit supaya menarik perhatian. Kehidupan nyata tidaklah seperti itu dan bantu dia untuk menyadari hal ini. Ajak dia menghargai apa yang ada dalam kehidupan nyata karena hal itulah yang penting.

2. Persahabatan sejati

Dorong dia mengenali jika teman atau follower di sosial media tidak selalu berarti mereka adalah teman sejati atau bahkan tidak bisa menjadi kenalan biasa. Oleh karena itu, dia harus berhati-hati dengan apa yang dia bagi di sosial media.

3. Jadilah teladan

Utamakan persahabatan yang baik dalam hidup Anda juga. Bersikaplah positif dan menghargai kehadiran sahabat Anda dalam kehidupan nyata. Pastikan puteri Anda tahu jika Anda menghargai persahabatan yang Anda miliki. Jaringan pertemanan yang luas memang baik, tapi tidak selalu bisa diandalkan seperti sahabat-sahabat kita.

4. Yang dibagi di internet, tidak bisa dihapus

Diskusikan tentang sifat alami internet dalam jangka panjang dengannya. Bantu puteri Anda menyadari jika apa yang dibagi di internet akan selalu ada di sana selamanya. Begitu dia membagikan sesuatu maka konten itu akan tetap menyebar di internet. Dan pastikan dia tahu caranya mengatur setting privasi dalam akun-akun jejaring sosial yang dia gunakan.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge