0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Massa Gelar Solo Sehat Jiwa 2015

Puluhan massa menggelar acara Solo Sehat Jiwa 2015 (dok.timlo.net/ist)

Solo — Puluhan massa yang terdiri dari masyarakat Solo dan beberapa komunitas seperti Teater Akar Daun, KPSI Solo Raya, Griya Schizofren, Dinkes Surakarta, Rumah konseling, FIM Bengawan, RSJD Surakarta, Alysium Himapsi, dan Ilmpi berkumpul bersama mengadakan Solo Sehat Jiwa 2015. Acara dimulai dengan jalan sehat dari Gladak menuju CIMB Niaga. Teater Akar Daun menampilkan kondisi ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan) bersamaan dengan jalan sehat hingga tiba di CIMB Niaga.

Setelah tiba di CIMB Niaga, teater ditutup dengan menampilkan bagaimana Caregiver membantu ODMK. Acara kemudian dilanjutkan dengan beberapa perwakilan komunitas menyampaikan isu-isu yang harus segera diselesaikan terkait dengan kesehatan jiwa terutama yang berhubungan dengan OMDK.

“Sedikitnya ada lima isu strategis yang kami angkat hari ini. Pertama,bebas pasung bagi OMDK. Kedua, menghilangkan stigma buruk terhadap OMDK. Ketiga, pemerintah agar peduli terhadap OMDK. Empat, perlakuan yang baik dan manusiawi bagi OMDK. Lima, pelayanan kesehatan yang memadai bagi OMDK,”ujar Kuncoro Probojati, Koordinator FIM Bengawan, dalam rilis yang diterima Timlo.net, Minggu (11/10).

Solo Sehat Jiwa juga menggalang dukungan dari masyarakat Solo dengan cara mengajak masyarakat untuk memberikan tandatangan dukungan pada selembar kain yang telah disediakan. Harapannya agar masyarakat mau berempati dan berjuang bersama menuju Solo Sehat Jiwa yang seutuh-utuhnya.

“Berjuang tidak harus menjadi orang itu, peduli tidak harus mengalami, ada hak orang lain dalam kehidupan kita, ada banyak orang yang harus kita perjuangkan dengan cara kita dan semampu kita, berempatilah, lakukan sebisamu, Insya Allah makna hidup bisa kamu temukan disana,” ujar Wildania Hilmy Kamila, Koordinator KPSI Solo Raya. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge