0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Ungkap Penyelundupan Burung Nuri Bulu Hijau

merdeka.com

Penyelundupan burung kenari

Timlo.net — Aksi penyelundupan, masih saja terus terjadi lewat jalur penyeberangan Ketapang Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kali ini sejumlah burung langka, nuri bulu hijau berusaha diselundupkan dengan cara memasukkan ke dalam bilah bambu.

Menariknya aksi ini justru sempat lolos dari hasil pemeriksaan di pelabuhan ujung barat pulau Bali. Bersyukur saat petugas Polres Jembrana menggelar razia rutin kendaraan berhasil membongkar penyelundupan ini. Razia dilakukan di Jalan Raya di kota Negara, Jembrana pada pagi buta, Minggu (11/10) sekitar pukul 05.00 WITA.

Belasan burung langka yang dilindungi tersebut di selundupkan oleh Najib (39), asal Lumajang, Jawa Timur dengan cara memasukkan ke dalam bilah bambu, dimuat dengan mobil pikap dan ditutupi dengan janur.

Rencananya, burung-burung tersebut akan di bawa ke Gianyar Bali. Petugas yang melakukan operasi rutin berhasil menggagalkan aksi penyelundupan dengan modus baru tersebut.

“Burung-burung ini titipan saudara saya dari Jawa dan saya disuruh membawa ke Gianyar,” ujar Najib kepada petugas, Minggu (11/10) di Jembrana Bali.

Terkait maraknya aksi penyelundupan dari Jawa ke Bali melalui jalur darat, Waka Polres Jembrana Kompol Anak Agung Rai Laba mengatakan akan mengintensifkan giat-giat operasi jalan raya dengan sistem berlapis.

“Setelah orang, barang dan kendaraan yang masuk Bali di periksa di Gilimanuk. Pemeriksaan kembali kita lakukan secara berlapis oleh masing-masing Polsek di wilayah hukum Polres Jembrana,” tandasnya

[hhw]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge