0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atraksi Liong dan Barongsai Warnai Perayaan Hari Lahir Nabi Khongzi

timlo.net/achmad khalik

Atraksi Liong dan Barongsai menandai peringatan hari lahir Nabi Khongzi dihalaman Lithang Gerbang Kebajikan, Jagalan, Jebres, Solo

Solo — Atraksi liong dan barongsai menandai rangkaian perayaan hari lahir Nabi Kongzi ke 2566 tahun di Lithang Gerbang Kebajikan, Jagalan, Jebres, Solo, Minggu (11/10) siang. Dalam perayaan tersebut, nampak ratusan warga sekitar memberikan angpao kepada liong dan barongsai dengan harapan doa dan harapan yang mereka panjatkan dikabulkan Tuhan yang Maha Esa.

“Kegiatan ini, merupakan rangkaian dari peringatan hari lahir Nabi Khongzi ke 2566 tahun yang telah diadakan pada Jumat (9/10) kemarin,” terang pengasuh Lithang Majelis Ahama Khonghucu Indonesia (Makin) Solo, Adjie Candra saat berbincang dengan Timlo.net.

Perayaan Nabi Khongzi, kata Adjie, jatuh pada tanggal 27 bulan 8 Imlek yang bertepatan dengan tanggal 9 Oktober penanggalan Masehi. Selain diselenggarakan di Indonesia, perayaan hari lahir nabi yang dianggap suci oleh penganut Khonghucu ini juga diperingati diseluruh penjuru dunia khususnya di negara Tiongkok. Dalam perayaan tersebut diwarnai dengan berbagai kegiatan, diantaranya Thiam Hio atau peneguhan iman, prosesi penaikan sesajian di altar Nabi Khongzi, Tian Xiang atau sembahyang bersama dan masih banyak yang lain.

Sementara, atraksi liong dan barongsai yang disajikan mengundang perhatian masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang melintas. Nampak, mereka sangat antusias menyaksikan budaya khas negeri tirai bambu tersebut. Dua hewan suci berbentuk singa dan naga tersebut menari seirama dengan suara tetabuhan alat musik yang dihasilkan. Sesekali, suara riuh tepuk tangan mewarnai atraksi yang ditampilkan.

Berdasarkan sumber yang dihimpun, Nabi Khongzi merupakan anak bungsu dari pasangan perwira Khong Sioong Liang dan Gan Tien Tjay. Saat kelahiran Nabi Khongzi sejumlah tanda ajaib turut mengiringi, seperti munculnya Hian Thian Siang Tee atau malaikat bintang utara yang memberitahukan kelahiran tkoh terkenal. Disampng itu juga, munculnya hewan suci berbentuk liong yang mengitari atap rumah orang tua Nabi Khongzi dan masih banyak yang lain.

Nabi Khongzi lahir disebuah gedung desa di Desa Chiang Ping Kota Coo Lep. Sebuah negeri dikawasan Loo yang merupakan kekuasaan Dinasti Ciu. Waktu itu, raja yang berkuasa adalah Ciu Ling Ong sekitar tahun 551 Sebelum Masehi.

Atraksi Liong dan Barongsai menandai peringatan hari lahir Nabi Khongzi dihalaman Lithang Gerbang Kebajikan, Jagalan, Jebres, Solo

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge