0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jepang Minat Dirikan Pabrik Komponen Otomotif di Indonesia

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Jepang tertarik membangun pabrik komponen otomotif di Indonesia. Mereka menganggap Indonesia masih menjadi primadona investasi di sektor otomotif.

“Saat ini ada 422 perusahaan di wilayah Prefektur Okoyama yang investasi ke luar Jepang. Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan-perusahaan besar kami yang melakukan investasi di Indonesia,” ujar Gubernur Perfektur Okayama Ryuta Ibaragi, Sabtu (10/10).

Namun, dia memberikan catatan kepada pemerintah Indonesia terkait sistem pengupahan. Pasalnya, minat investasi perusahaan Jepang ke Indonesia sangat besar.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan bakal memberikan prioritas dalam fasilitas investasi. Menurut dia, investasi jepang merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya perekonomian Indonesia.

“Kami siap mengawal investasi dari Jepang. Dengan adanya Marketing Officer wilayah Jepang serta kantor perwakilan BKPM di Tokyo, idealnya dapat dimanfaatkan oleh pengusaha-pengusaha Okoyama,” kata dia.

Franky pun berniat untuk mengunjungi Okoyama, Jepang pada tahun depan guna menarik investor investor.

“salah satu investor besar adalah Sumitomo. Kami akan mengundang perusahaan-perusahaan yang telah menanamkan modalnya di Indonesia untuk berbagi cerita sukses dengan kolega mereka di Jepang” jelas Franky.

BKPM mencatat, untuk Semester I 2015, Jepang menduduki ranking tiga realisasi penanaman modal asing (PMA) terbesar dengan USD 1,6 miliar setelah Malaysia USD 2,6 miliar dan Singapura USD 2,3 miliar.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge