0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kriteria Pemimpin Menurut Prof Sudharto

Prof Sudharto P Hadi MES PhD, moderator Debat Pilkada Klaten (foto: Aditya)

Klaten —┬áProf Sudharto P Hadi MES PhD sudah menyelesaikan tugas awalnya memandu debat perdana Pilkada Klaten 2015, Jumat (9/10). Dia hanya sedikit berkomentar tentang penyampaian materi para pasangan calon (paslon).

“Hanya ada waktu lewat saja dari yang seharusnya, meski hanya beberapa detik,” ujar mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini, Jumat (9/10).

Seperti diketahui, debat putaran pertama yang mengusung topik tata kelola pemerintah yang baik dan bersih, demi Klaten yang berdikari dan berbudaya tersebut dipandu oleh moderator debat Calon Presiden 2014.

Pria kelahiran Klaten 61 tahun silam ini enggan berkomentar banyak terhadappaslon no urut 1. Mustafid fauzan-Sri Harmanto, 2. One Krisnata-Sunarto, dan 3. Sri Mulyani-Sri Hartini, dalam debat yang berlangsung di Gedung Pandanaran Komplek RSPD Klaten itu.

“Prisnsipnya ini adalah wahana untuk mengetahui profil, visi misi, dan komitmen para paslon. Biar masyarakat dan pemilih yang menilai. Karena dipanduan dari KPU saya tidak punya hak untuk menilai,” tukasnya.

Disinggung kriteria pemimpin, Sudharto berpendapat, untuk memilih orang yang terbaik. Mempunyai integritas dan kapabilitas.

“Menurut saya, Rasulullah menganjurkan, pilihlah orang diantara kamu untuk jadi pemimpin karena dia menjadi dutamu di depan Tuhan. Artinya memilih pemimpin bukan hanya kapabel, tapi juga moral,” pesannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge