0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seberapa Populerkah Microsoft Edge, Pengganti Internet Explorer?

microsof edge
Microsof Edge (Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.netBrowser baru Microsoft, Edge, yang disertakan dalam Windows 10, ternyata masih belum bisa mengalahkan Google Chrome.

Menurut sebuah data baru, sejak dirilis bersama Windows 10 Juli lalu, browser itu menguasai 16 persen pangsa pasar di Windows 10. Tapi Chrome sendiri menguasai 70 persen pangsa pasar di OS (operating system) baru buatan Microsoft itu. Menurut data Quantcast, pada akhir bulan September browser Edge menguasai 12 persen pangsa pasar dari seluruh penggunaan browser lain di Windows 10. Sementara Chrome menguasai 71 persen. Mozilla Firefox masih di atas Edge.

Quantcast menyediakan data pageview dan situs-situs populer untuk para marketer dan organisasi lain. Data yang dikumpulkan perusahaan itu mengenai browser Edge berdasarkan semata-mata pada data yang mereka kumpulkan. Jadi angka yang mereka paparkan mungkin berbeda dengan hasil penyelidikan perusahaan lain.

Walaupun demikian, Quantcast menyatakan jika browser Edge mengalami kesulitan untuk menarik perhatian pengguna Windows 10. “Microsoft mungkin bisa masuk lebih jauh ke dalam pasar browser dengan Edge, tapi perlu lebih dari sekedar sistem operasi baru untuk mengalahkan dominasi Chrome,” tulis teknisi software Quantcast Jackson Newhouse.

Dalam event khusus pers yang digelar Microsoft pada 6 Oktober, ada dua produk yang dirilis yaitu Surface Book dan Surface Pro 4. Dalam event Microsoft juga mengungkapkan jika ada 110 juta Windows 10 yang diinstal sejak dirilis, dan browser Edge digunakan untuk mengunjungi lebih dari 650 milyar halaman situs.

Sumber: PC Mag.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge