0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Facebook Uji Tombol “Reactions” Sebagai Ganti Tombol “Dislike”

Tombol Reactions

Dok: Timlo.net/PCMag.com

Tombol Reactions

Timlo.net—Facebook menguji tombol “Reactions”, sebagai pengganti tombol “dislike” yang pernah mereka gagas. Dengan tombol ini, para pengguna bisa mengekspresikan perasaan mereka terhadap status pengguna lain dengan sebuah tombol emoji serupa tombol “like”.

Dengan sebuah “Reaction”, para pengguna bisa mengekspresikan cinta, tertawa, kebahagiaan, terkejut, kesediahan, kemarahan atau tombol like yang biasanya kita pakai.

Menurut TechCrunch, program ini akan dirilis minggu ini untuk beberapa kelompok penguji tertutup di Spanyol dan Irlandia. Negara Irlandia menjadi negara ideal untuk tes tertutup karena menurut Facebook, para pengguna di sana jarang memiliki teman dari luar negara. Sementara di Spanyol, jejaring sosial itu mengizinkan pengguna menguji “Reactions” dalam sebuah bahasa yang berbeda.

Tombol “reactions” akan tersedia dalam berbagai platform dan dalam semua post News Feed. Untuk menambahkan satu emoji “Reactions”, tekan tombol “like” (di smartphone) atau arahkan mouse ke pilihan gambar “reaction” di komputer. Lantas, pilih emoji yang sesuai perasaan Anda, emoji itu akan bisa dilihat oleh teman atau akun/ halaman yang kalian ikuti.

“Orang yang mengunjungi Facebook berbagi berbagai hal—apakah hal itu adalah sesuatu yang bahagia, sedih, lucu atau membuat kita berpikir,” kata seorang juru bicara wanita perusahaan itu dalam sebuah pernyataan kepada PCMag. “Dan kami mendengar kalian ingin memiliki lebih banyak cara untuk merayakan, menunjukkan simpati atau tertawa bersama,” tambahnya.

Tidak ada jaminan jika “Reactions” akan dirilis di luar kedua negara itu. Bulan lalu, CEO Mark Zuckerberg berkata Facebook masih memikirkan cara untuk membuat tombol “dislike” atau paling tidak sesuatu untuk menunjukkan empati pengguna.

Sementara menunggu apakah fitur ini kelak akan terbuka untuk umum, jangan sampai Anda tertipu oleh modus penipuan tombol “dislike” yang dikirim para hacker. Modus penipuan ini menyatakan jika para pengguna bisa mencoba fitur tombol “dislike” dengan undangan dari Facebook yang bisa didapat jika mereka mengklik sebuah link download. Padahal link itu berisi virus.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge