0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Debat Pilkada, Fauzan Ingin Majukan Pertanian Klaten

dok.timlo.net/aditya wijaya
Pasangan calon bupati wakil bupati Klaten 2015, Mustafid Fauzan dan Sri Harmanto (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Jika sang calon wakil bupati (Cawabup) Sri Mulyani bertanya  ke pasangan calon (Paslon) One Krisnata-Sunarto soal anak. Maka sebaliknya, Sri Hartini melontarkan pertanyaan tentang pertanian.

“Kepada Mas Fauzan, salah satu visi misi Anda menyebutkan Klaten sebagai kawasan agropolitan. Bagaimana mewujudkannya,” lontar Sri Hartini kepada paslon Mustafid Fauzan-Sri Harmanto, dalam Debat Pilkada Klaten,  Jumat (9/10).

Di sisi lain, imbuhnya, ada kewajiban dari pemerintah daerah unuk mempertahankan perlindungan lahan pangan yang berkelanjutan seluas 32.451 hektar. Padahal sarana untuk mewujudkan itu diperlukan lahan cukup luas.

Menanggapinya, Fauzan memaparkan, para petani saat ini masih berpikir untuk meningkatkan pendapatan dengan sistem pertanian konvesional. Belum dengan agroindustri dan pariwisata. Ke depan pihaknya berupaya menjadikan pertanian di Klaten masuk tahapan yang lebih maju dengan sistem tersebut.

“Jika itu bisa berjalan baik, difasilitasi pemerintah dan didukung penerapan UU No 16 th 2006 tentang SP3K yang mana membentuk badan-badan penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan, Insya Allah membantu penyuluh untuk mengoptimalakan para petani bercocok tanam secara baik,” paparnya.

Dikejar waktu menjawab yang hampir habis, calon wakilnya, Sri Harmanto mengaku optimis Klaten masih bisa menjadi pusat sayur-sayuran, buah-buahan yang jadi ekonomi kreatif.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge