0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persoalan Sriwedari Bikin Hangat Debat AFi-Rudy

timlo.net/daryono

Debat AFi-Rudy

Solo – Meski berjalan lancar, suasana debat terbuka pasangan calon walikota dan calon wakil walikota Solo di Hotel The Sunan, Jumat (9/10) malam, sempat menghangat di segmen kelima. Di segmen ini, pasangan calon diberi kesempatan melempar pertanyaan kepada lawan serta menyanggah balik.

Calon walikota urut 1, Anung Indro Susanto, yang diberi kesempatan pertama bertanya soal aspirasi warga muslim yang menginginkan adanya masjid di sepanjang Jl Slamet Riyadi.

“Beberapa waktu sebelum debat ini, kami keliling kampung ke kampung. Satu aspirasi yang masyarakat muslim Solo inginkan adalah masjid di sepanjang Jl Slamet Riyadi. Bagaimana tanggapan soal aspirasi ini,” tanya Anung.

Menanggapi pertanyaan Anung, calon walikota nomor urut 2, FX Hadi Rudyatmo mengatakan bakal membangun masjid Soloraya di Sriwedari. Rudy menargetkan, perencanaan pembangunan sudah bisa dilakukan di tahun depan.

“Persoalan hukum sudah selesai. HP (Hak Pakai) 15 yang merupakan sengketa, sudah diganti HP 40. Warga muslim tidak perlu ragu. Lima tahun kedepan, pembangunan masjid akan selesai,” ujar dia.

Jawaban Rudy dikuatkan oleh calon wakil walikota Achmad Purnomo. Bahkan, Purnomo siap mundur nantinya jika dalam dua tahun sejak pelantikan Rudy-Purnomo, pembangunan masjid tidak terlaksana.

Menanggapi jawaban Rudy-Pur, Anung menilai langkah Rudy-Purnomo ironis lantaran berencana membangun masjid di lahan sengketa. Terlebih putusan Mahkamah Agung menyatakan memenangkan ahli waris.

“Ironis kalau tempat ibadah dibangun di tanah sengketa,” sindir Anung.

Menurut Anung, pembangunan masjid bisa dilakukan di luar Sriwedari. Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD Solo yang sekitar Rp 50 Miliar semestinya bisa untuk membeli lahan di luar Sriwedari. Pendapat Anung pun diamini Fajri.

Merespon sanggahan AFi, Rudy menegaskan persoalan sengekat Sriwedari sudah selesai dengan keluarnya putusan Badan Pertanahan Negara (BPN) yang mengembalikan Sriwedari sebagai tanah negara. Namun, jika tidak dibangun di Sriwedari pun, Rudy juga siap mencari lokasi pembangunan masjid di tempat lain.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge