0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Bade Mengering, Warga Berebut Ikan

timlo.net/nanin

Waduk Bade mengering, warga manfaatkan mencari ikan

Boyolali – Mengeringnya air di Waduk Bade dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari ikan. Kondisi waduk sangat dangkal dan air hanya ada di bagian tengah, memudahkan warga untuk menangkap ikan. Ada yang menggunakan jaring, namun ada pula yang hanya menggunakan serok bahkan langsung diambil dengan tangan.

“Lumayan dapatnya, bisa dijual, sebagian untuk dimasak sendiri,” kata Naryo, warga sekitar yang ikut mencari ikan.

Beberapa jenis ikan yang bisa ditangkap dengan mudah oleh warga seperti nila, wader dan mujair. Warga yang mencari ikan tidak hanya kalangan dewasa, namun anak-anakpun ikut mencari. Meski begitu, banyak pula ikan yang mati.

Senada, Agus (43), warga lainnya mengatakan, kondisi menyusutnya waduk kali ini cukup parah, sama seperti beberapa tahun kemarin saat terjadi kemarau panjang. Jika dalam waktu dekat tidak turun hujan, dikhawatirkan waduk akan mengering total.

“Ini yang paling parah, tanahnya sudah pecah-pecah semua,” ujarnya.

Petugas operasional Waduk Bade, Sutardi, volume air bulan Agustus, tinggal tersisa sekitar 488.800 meter kubik. Padahal saat kondisi normal, volume waduk bisa menampung hingga 2,740 juta meter kubik dengan kedalaman air mencapai delapan meter.

“Untuk irigasi terpaksa dihemat, jangan sampai tidak tersisa airnya, bisa mengancam waduk,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge