0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nilai Rupiah Mulai Menggembirakan

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 475 poin atau sekitar 3,42 persen pada perdagangan Jumat (9/10). Rupiah ditutup di level Rp 13.412 per USD, atau lebih kuat dibanding penutupan kemarin di Rp 13.887 per USD.

Dibuka di level Rp 13.595, Rupiah sempat menyentuh titik terkuat di Rp 14.289 per USD. Bank Indonesia mengklaim keyakinan investor terhadap pemerintah Indonesia sudah pulih. Ini terlihat dari penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang mencapai 4,4 persen dalam tiga hari terakhir.

“Tadinya investor asing mengatakan pemerintah tidak pernah serius melakukan structural reform. Paket kebijakan itu mendorong investor masuk, lalu pemerintah meng-adress dengan debirokratisasi dan deregulasi dalam rangka mendorong investor dan devisa masuk,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Mirza Adityaswara, Jumat (9/10).

Menurut Mirza, penguatan rupiah juga didorong sentimen The Federal Reserve diperkirakan bakal menunda penaikan suku bunga acuannya hingga tahun mendatang.

Di sisi lain, Mirza mendorong publik untuk tak menahan dolar demi mengeruk keuntungan. Dengan begitu, rupiah diharapkan bisa terus menguat.

“Banyak orang cut loss, baik individu maupun korporasi. Kami juga membantu untuk mendorong sedikit saja, jadi yang pada pegang dolar sebaiknya dijual dolarnya,” katanya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge