0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

JK Tak Setuju Umur KPK 12 Tahun

dok.merdeka.com

Jusuf Kalla

Timlo.net – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ikut angkat bicara soal Revisi Undang-Undang No 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). JK menyoroti batasan umur KPK yang diatur dalam revisi UU tersebut. Menurut JK, dalam jangka tertentu dibutuhkan evaluasi mengenai KPK, tetapi bukan membatasi umur KPK hanya 12 tahun.

“Ini kan begini, UU KPK kan sejak dulu awalnya itu kan emang bersifat ad hoc. Pada waktu itu artinya kan dalam jangka waktu tentu dievaluasi. Ya mungkin jangan ditentukan umurnya 12 tahun,” kata JK, Jumat (9/10).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menceritakan sejarah keberadaan KPK yang lahir ketika korupsi menjamur di Indonesia. Jika praktik korupsi masih tumbuh subur, mau tidak mau KPK harus tetap ada. Tetapi jika korupsi sudah berkurang, keberadaan dan peran KPK perlu dievaluasi lagi.

“Mungkin, ya sebagaimana UU yang bersifat kebutuhan krisis tahun 2000 itu, ya dievaluasi dari waktu ke waktu saja, katakanlah tiap 10 tahun dievaluasi. Bahwa jangan-jangan 12 tahun yang akan datang itu korupsi tidak berhenti, ya tetap jalan. Tapi kalau sudah menurun otomatis kan kembali ke normal,” jelas JK.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge