0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Solo Mulai Terapkan Parkir Elektronik

Peresmian parkir elektronik di Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Pemerintah Kota Solo mulai menerapkan penggunaan parkir elektronik di kawasan pusat perdagangan Coyudan, Jumat (9/10). Penerapan parkir elektronik ini untuk melihat besaran potensi pendapatan dari bidang parkir di kawasan tersebut.

“Secara teknis juru parkir (Jukir) yang bekerja di kawasan tersebut menggunakan peralatan telepon seluler yang tersambung dengan printer portabel yang tergantung di pinggang. Mereka hanya cukup memasukkan nomor plat pada kendaraan yang baru diparkir melalui aplikasi yang telah terpasang. Jika sudah selesai parkir nanti tinggal di-scan barcodenya,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudradjad.

Dikatakan, dengan peralatan parkir elektronik portabel ini, jukir bisa lebih leluasa menata kendaraan dan tidak memakan tempat terlalu banyak. Penggunaan sistem parkir ini juga lebih akurat dalam menghitung parkir progresif yang diterapkan dikawasan itu.

“Parkirnya progresif, ini untuk meminimalisir gesekan atara Jukir dan pengguna parkir, karena hitungannya lebih akurat,” ungkapnya.

Penerapan parkir elektronik ini diresmikan langsung oleh Penjabat  (Pj) Walikota Solo Budi Suharto dengan menyematkan rompi kepada Jukir dan penyerahan alat printer portabel. Dirinya berharap bisa dengan fasilitas ini, para jukir bisa bekerja dengan lebih efektif dan tidak asal-asalan menerapkan tarif parkir.

“Lebih efektif dan bisa dipantau potensi penghasilan dari parkir ini, serta tidak seenaknya Jukir bisa menerapkan tarif sendiri, karena terkontrol oleh Dishub,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge