0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Pejabat Baru PDAM Solo Segera Ditentukan

Pj Walikota Solo Budi Suharto (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Penjabat (Pj) Walikota Solo Budi Suharto segera menentukan tiga pejabat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Ketiganya akan menduduki jabatan sebagai Direktur Umum, Direktur Teknis dan Direktur Utama. Tiga orang tersebut akan dipilih dari delapan orang calon pejabat yang lolos seleksi. Calon tersebut berasal dari internal PDAM dan luar PDAM.

“Sebenarnya ada 16 orang kandidat, tetapi terpilih hanya delapan orang, kemudian nanti tinggal kita pilih tiga orang untuk menduduki jabatan tersebut,” ungkap Budi Suharto, Jumat (9/10).

Budi menyebutkan, para pejabat ini nantinya harus berupaya untuk menyelesaikan total utang PDAM yang mencapai lebih dari Rp 42 miliar dan sudah berlangsung sejak tahu 80-an. Namun Budi juga tidak membebankan sepenuhnya kepada direksi, mengingat pejabat direksi belum bisa bekerja maksimal pada tahun pertama menjabat.

“Selain untuk mengoptimalisasi peralatan yang dimiliki PDAM, seperti jaringan pipa yang tidak terpakai dan lainnya, hutang 42 miliar ini juga harus dikebut,” katanya.

Dia juga menitikberatkan pada penanganan kebocoran yang kerap terjadi yang mencapai angka 40 persen. Kebocoran ini menurut Budi membuat PDAM tak pernah untung. Budi juga menyebutkan PDAM akan diberikan keringanan dalam menyetor pendapatan asli daerah (PAD) kepada pemerintah setempat.

“Kebocoran ini yang harus ditangani, minimal sampai 30 persen itu sudah bagus. Kebocoran yang terlalu besar ini mengindikasikan PDAM tidak mampu menyetor PAD, karena beban utang yang terlalu besar,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge