0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikritik Soal Kabut Asap, Tjahjo Kumolo Gerah

dok.merdeka.com

kabut asap

Timlo.net – Kritik negara tetangga, Malaysia dan Singapura terkait kabut asap membuat Indonesia gerah. Seharusnya kedua negara tersebut jangan hanya kritik, tetapi Pemerintah Indonesia terbuka bila hendak membantu.

“Kalau mau selesaikan bencana asap, ayo kita lakukan bersama-sama, jangan hanya mengkritik, menghujat. Mari kita dengan ikhlas membantu untuk memadamkan api,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, Kamis (8/10).

Tjahjo juga menyinggung negara Malaysia banyak berinvestasi perkebunan sawit di Indonesia. Atas dasar itu, Tjahjo geram dengan sikap Malaysia yang hanya bisa menghujat tanpa memberikan solusi.

Kendati demikian, Tjahjo tegaskan, bila mereka tidak mau membantu, sebagai negara yang berdaulat, Indonesia mampu mengatasinya sendiri. Masih ada TNI, Polri, dan instansi lainnya yang mampu mengatasi bencana kabut asap tersebut.

“Sebagai tetangga yang serumpun, Malaysia dan Singapura sebenarnya saling membutuhkan dengan Indonesia, perlu diingat, Malaysia memiliki perkebunan di Indonesia,” jelas dia.

Kemudian Tjahjo juga mengingatkan bahwa bencana kabut asap itu bukan faktor kesengajaan. Akan tetapi ini merupakan faktor alam yang membawa kabut asap melalui angina kedua negara tersebut.

“Ini faktor alam angin yang membawa ke kedua negara tersebut,” ungkapnya.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge