0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jual-Beli Elang Jawa Digagalkan Polisi

dok.merdeka.com

Barang bukti yang disita

Timlo.net – Perdagangan hewan langka yang dilindungi, berhasil digagalkan polisi. Seorang pria yang terbukti menyimpan dan menjual hewan-hewan langka ini diamankan Bareskrim Polri Rabu (7/10) kemarin.

“Kemarin sore kami sudah melakukan penangkapan terhadap salah seorang pelaku berinisial AP, yang melakukan penyimpanan, memiliki, memelihara, mengangkut dan menjualbelikan satwa langka yang seharusnya di lindungi,” kata Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigjen Pol Yazid Fanani, Kamis (8/9).

Yazid mengatakan, AP dibekuk di rumahnya di daerah Bogor, Jawa Barat. Dari penangkapan ini pelaku menyimpan sejumlah hewan langka yakni 3 ekor Elang Brontok Hitam, 2 ekor Elang Brontok Putih, 1 Landak, 1 Lutra, serta hewan yang terbilang paling langka yakni 1 ekor Elang Jawa.

“Untuk Elang Jawa itu, merupakan Elang terbilang sangat langka dengan harga berkisar Rp 10 juta lebih untuk satu ekornya. Dan harusnya elang ini dilindungi bukan disimpan dan diperjualbelikan begini,” paparnya.

Yazid menjelaskan, AP sudah melakukan aksinya kurang lebih selama 2 tahun.

“Dirinya mengaku hewan ini untuk koleksi dan dijual. Saat ini AP sudah kami amankan beserta hewan peliharaan lainnya. AP kami kenakan pasal 21 ayat 2 JO pasal 40 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 terkait konservasi hayati,” paparnya.

Menurut Yazid, barang bukti berupa hewan langka itu nantinya akan diserahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk nantinya dilepaskan kembali ke habitat aslinya.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge