0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Freeport Dituduh Cemari Sungai

dok.merdeka.com

PT Freeport

Timlo.net – PT Freeport Indonesia dituding membuang limbah sembarangan di Papua. Limbah yang dihasilkan dari proses penambangan ini dibuang ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli, menyebut limbah Freeport merusak ekosistem. Namun, tidak ada tindakan tegas para penegak hukum atas tindakan Freeport tersebut.

“Freeport seenaknya, limbah dan galian yang diaduk pakai mercury (senyawa kimia beracun-red) dibuang begitu saja ke sungai. Ikan-ikan pada mati, penduduk menderita,” tegasnya, Kamis (9/10).

Mantan menko perekonomian ini menegaskan perusahaan sebesar Freeport harus mampu melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang. Dia menilai Freeport tak mau keluarkan dana pengolahan limbah sehingga mereka langsung buang ke sungai.

“Enggak ada susahnya memproses limbah itu, tapi karena tamak tidak mau bayar (mengeluarkan uang),” ungkapnya.

Kondisi ini diperparah dengan penegakan hukum yang lemah. Dengan begitu, perusahaan asing bakal terus melakukan pencemaran lingkungan. Beda dengan negara asalnya, Amerika Serikat yang memberlakukan sanksi tegas untuk perusahaan asing yang mencemarkan lingkungan.

“Kalau merusak lingkungan hidup seperti British Petroleum (BP) di Teluk Meksiko bayar denda puluhan miliar dolar,” terang dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge