0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Diminta Perhatikan Pertanian Lahan Kering

dok.timlo.net/red
Aria Bima (dok.timlo.net/red)

Solo – Anggota Komisi VI DPR RI, Aria Bima mengusulkan kepada pemerintah untuk tidak hanya memperhatikan pertanian lahan basah saja. Hal ini disebabkan selama ini terkesan pemerintah memandang sebelah mata pada pertanian lahan kering. Padahal, menurutnya, jika digarap secara serius pertanian lahan kering memiliki potensi yang besar dalam menyumbang program kedaulatan pangan nasional.

“Menurut saya sudah optimal untuk teknologi yang digunakan pada pertanian lahan basah, tetapi hasilnya juga begitu saja. Sudah saatnya perhatian juga diarahkan pada pertanian lahan kering,” ungkap Aria Bima saat ditemui sejumlah wartawan, di Solo, Kamis (8/10).

Menurut Aria Bima, sudah saatnya subsidi serta APBN dalam bentuk bantuan dialihkan kepada petani lahan kering. Dia mengungkapkan, bahwa selama ini petani menggarap sawahnya tanpa mengandalkan bantuan dari negara. Hasilnya lahan kering mampu menyumbang 0,5 juta ton setiap tahunnya.

“Kalau misalnya digarap secara serius dengan subsidi pemerintah, maka hasinya bisa kita tingkatkan, tak usah banyak-banyak, misal kita tingkatkan menjadi 2 juta ton per tahun, maka impor selama ini yakni 1,7 juta ton pertahun akan teratasi,” ungkap politisi PDIP tersebut.

Dirinya juga mengusulkan kepada pemerintah untuk belajar dari negara-negara yang telah berhasil mengembangkan pertanian di lahan kering, seperti Thailand, Burma, atau India. Terobosan ini tentunya membutuhkan keberanian dari pemimpin negara untuk bisa mengambil kebijakan tersebut.

“Butuh keberanian untuk mau mengembangkan pertanian lahan kering ini. Kalau mau contoh berhasil, bisa belajar dengan negara tetangga,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge