0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Survei Pilkada, AFi Klaim Selisih 10 Persen, Rudy-Pur Optimis

dok.timlo.net/red
Dua pasangan calon peserta Pilkada Solo (dok.timlo.net/red)

Solo – Satu bulan lebih pelaksanaan kampanye, tim pemenangan pasangan Anung Indro Susanto – M Fajri (AFi) mengklaim berhasil meningkatkan elektabilitas AFi. Menurut Tim AFi, tingkat elektabilitas AFi tinggal terpaut 10 persen dari elektabilitas pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo (Rudy-Pur).

“Hasil survei kami menunjukkan trend positif, selisih 10 persen. Kedepan kami genjot terus sehingga kami yakin bisa imbang,” kata Sekretaris Tim Pemenangan AFi, Supriyanto, kepada wartawan, Kamis (8/10).

Di awal masa kampanye, ujar Supriyanto, selisih elektabilitas antara AFI dengan Rudy-Pur terpaut 50 persen. Rudy-Pur memiliki tingkat elektabilitas 60 persen, sementara tingkat elektabilitas AFi 11 persen.

“Sekarang AFi 30 persen, mereka (Rudy-Pur) 40 persen. Ini berkat strategi cara kampanye kami yang tepat, sesuai masukan konsultan,” bebernya.

Supriyanto menambahkan, survei terbaru itu dilakukan tim internal AFi. Tim ini merupakan tim yang dipakai oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan Rudy-Pur, Putut Gunawan mengungkapkan PDIP sudah melalukan survei dengan menggandeng lembaga survei nasional untuk mengetahui sejauh mana perkembangan tingkat elektabilitas Rudy-Pur. Namun, survei baru selesai Rabu (7/10) kemarin sehingga saat ini masih dalam proses penyimpulan hasil.

“Survei ini dikoordinir oleh DPD PDIP Jawa Tengah. Serentak di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Hanya teknik surveinya di tiap kota beda-beda. Setelah ada hasilnya akan kami rilis,” ungkapnya.

Putut menyampaikan, sebelum rekomendasi Rudy-Pur turun,  tingkat popularitas Rudy sebesar 87 persen. Putut optimis tingkat popularitas maupun elektabilitas Rudy-Purnomo bisa tetap dipertahankan.

Putut juga mengaku tidak khawatir dengan klaim hasil survei AFi yang menyebut adanya peningkatan signifikan elektabilitas AFi. Menurut dia, hal itu hak masing-masing tim pemenangan calon.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge