0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kehidupan Keraton Solo Jadi Magnet Wisatawan China

dok.timlo.net/red
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, salah satu obyek wisata Kota Solo (dok.timlo.net/red)

Solo – Keunikan Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta diprediksi akan menjadi pemikat bagi turis asal Negeri Tirai Bambu China. Terlebih setelah pemerintah Kota Solo serius dengan rencananya membangun kerjasama sister city dengan pemerintah kota Xi’an China.

“Nantinya bisa dipromosikan di kota tersebut, sehingga kunjungan ke Kota Solo bisa semakin meningkat,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Eny Tyasni Susana, Kamis (8/10).

Eny yakin kerjasama dibidang periwisata ini bisa berlangsung dengan baik. Hal ini mengingat kemiripan karakteristik Kota Solo dengan salah satu dari empat kota Tiongkok kuno tersebut. Terlebih sejak tahun 1990 kota Xi’an telah tumbuh menjadi pusat budaya, industri dan pendidikan, akan memberikan angin segar bagi industri pariwisata Kota Bengawan.

“Banyak sekali kemiripan antara Solo dengan Xian, diantaranya adalah sama-sama merupakan kota heritage. Tentu saja kerjasama ini akan membawa dampak positif,” terangnya.

Diungkapkan, dalam kunjungannya ke Kota Xi’an beberapa waktu lalu, sejumlah pejabat yang dia temui mengatakan ketertarikannya terhadap keberadaan keraton-keraton di Kota Solo. Kehidupan raja-raja jawa yang masih bisa ditemui sampai sekarang, menjadikan mereka semakin tertarik untuk bisa berkunjung ke Solo.

“Apalagi kita kan punya paket wisata Keraton, misalnya dengan makan siang dengan makanan tradisional khas raja-raja atau menilik kehidupan raja dengan semua kegiatan kebudayaan dan ritual, akan menjadi paket wisata yang menarik. Terlebih di Kota Xi’an hal-hal seperti itu sudah tidak bisa ditemui karena sudah hancur,” katanya.

Dengan berbagai peluang tersebut, Eny optimis bahwa dirinya akan mampu mendatangkan wisatawan dari China sebanyak-banyaknya. Namun saat ini dirinya belum bisa menargetkan jumlah wisatawan secara riil.

“Kalau kerjasama sudah terjalin kita optimis mampu mendatangkan wisatawan, namun untuk sekarang kita belum bisa menargetkan apa-apa, tunggu keputusan kerjasama dulu saja,” tandasnya.

Sebelum Pemkot Solo, Kota Xi’an menjalin kerjasama kota kembar dengan Kyoto di Jepang, Edinburg di Inggris, dan Istanbul di Turki.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge