0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Lesu Tak Mampu Surutkan UMKM

timlo.net/setyo pujis

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Gayatri Indah Cahyani saat melihat produk UMKM batik di Solo

Solo – Lesunya pertumbuhan ekonomi secara nasional yang memukul sejumlah industri didalam negeri nampaknya tidak cukup mempengaruhi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk menjaga agar sektor tersebut bisa tetap tumbuh dan berkembang, Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah terus berupaya melakukan pendampingan dan pembinaan.

“Sektor UMKM memang yang paling tahan terhadap gempuran krisis. Karena mereka selama ini banyak memanfaatkan potensi lokal dan kreatifitas yang ada. Sehingga meskipun nilai tukar Rupiah melemah dan ekonomi lesu mereka masih tetap eksis,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Gayatri Indah Cahyani kepada wartawan, Rabu (7/10).

Dirinya mengatakan, total UMKM yang berada di wilayah Jawa Tengah sampai dengan saat ini sudah mencapai angka 8 Juta. Untuk mendorong pertumbuhan UMKM, pihaknya terus mencoba melakukan pendampingan dan pembinaan agar produk yang dihasilkan bisa semakin berkembang.

“Upaya yang kita lakukan bermacam-macam untuk mendorong mereka. Mulai dari pelatihan, melihat potensi pasar dan juga pendanaan terus kita upayakan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Nur Haryani dalam kesempatan yang sama juga menuturkan, jika sampai dengan saat ini perkembangan UMKM di Solo relatif positif. Hal itu dibuktikan dengan adanya pertumbuhan setiap tahunya.

“Total UMKM di Solo saat ini ada sekitar 4700. Jumlah itu meningkat sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” terangnya.

Sedangkan dari sekian banyak UMKM yang ada, mayoritas produk didominasi oleh batik dan kuliner.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge