0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemekaran Ngringo Mendesak Dilakukan

‪Karanganyar — Rencana pemekaran Desa Ngringo. Kecamatan Jaten nampaknya tidak bisa ditunda lagi. Pemkab Karanganyar segera menyosialisasikan rencana pemekaran Desa Ngringo setelah penetapan APBD Perubahan 2015 dilaksanakan. Pemkab juga membentuk tim, yang akan menyiapkan berbagai hal terkait pemekaran tersebut.

“Penduduknya sudah terlalu padat. Jumlah warganya mencapai 28.100 orang, terdiri dari 8 ribu keluarga, yang tersebar di 8 dusun,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Sunarno, Rabu (7/10).

Dia menjelaskan, sosialisasi dilakukan agar stakeholder terkait di desa tersebut siap, jika wacana pemekaran dilaksanakan. Dari sosialisasi itu, Pemkab juga akan mendengar masukan dari stakeholder terkait. Termasuk jumlah wilayah pemekaran, yang idealnya diterapkan di Desa Ngringo.

“Dalam waktu dekat, tim akan sosialisasi. Pihak kecamatan, kelurahan dan kelembagaan yang ada di wilayah itu, akan diundang. Sosialisasi dulu, sebelum pemekaran dilakukan tahun depan,” jelasnya.

Sunarno mengatakan, wacana awalnya, Desa Ngringo akan dimekarkan menjadi dua desa. Tapi, idealnya dipecah menjadi tiga. Karena kalau dipecah dua, jumlah penduduknya masih terlalu padat.

“Padahal ada kemungkinan terjadi ledakan jumlah penduduk,” tuturnya.

Dikatakannya, pada beberapa tahun silam, Desa Ngringo pernah direncanakan untuk dipecah. Bahkan Pemkab sudah melakukan jajak pendapat dari masyarakat, setuju tidak jika Ngringo dimekarkan. Tapi warga saat itu tidak setuju, sehingga rencana pemekaran gagal dilaksanakan.

“Kalau jumlah penduduk terlalu padat, akibatnya pelayanan ke masyarakat menjadi kurang optimal karena jumlah warga yang harus dilayani aparat di tingkat desa terlalu banyak,” jelas Sunarno.

Sunarno mengatakan, pemekaran wilayah ini salah satu tujuannya memang untuk meningkatkan pelayanan. Dengan kepadatan yang berkurang, jumlah warga yang dilayani di desa tidak terlalu banyak. Kesejahteraan masyarakat juga bisa lebih bagus.

“Kami optimistis, pemekaran ini bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge