0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Oktober dan November Warga Terima Raskin Dua Kali

timlo.net/nanang rahadian

Stok beras Bulog Karanganyar

Karanganyar — Beras untuk keluarga miskin (Raskin) ke-13 dan ke-14 akan disalurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar pada Oktober dan November. Sehingga warga akan menerima raskin sebanyak dua kali pada bulan Oktober dan November.

“Pembagian raskin reguler ke-10 sudah dilakukan awal Oktober. Sedangkan raskin ke-13 akan kami bagikan pada pekan ketiga atau keempat Oktober,” kata Kabag Perekonomian Setda Karanganyar, Timotius Suryadi, Rabu (7/10).

Pada bulan November, lanjut Timotius, Raskin reguler atau ke-11 akan dibagikan pada awal November. Sedangkan raskin ke-14 akan dibagikan pada pekan ketiga atau keempat November. Sasaran raskin ke-13 dan ke-14 sama seperti raskin reguler, yakni 51.638 rumah tangga sasaran [RTS]. Setiap periode 774.570 kilogram. RTS harus menebus Rp 1.600 per kilogram atau Rp 24.000 untuk satu karung raskin seberat 15 kilogram.

“Raskin reguler bulan Oktober dan November ada tambahan. Jadi, Oktober 2 kali, November juga,” kata Timotius Suryadi.

Sebetulnya, raskin ke-13 dan ke-14 akan dibagikan saat Ramadan atau Lebaran. Kebijakan itu mengantisipasi lonjakan harga. Namun, Pemkab urung membagikan. Mereka beralasan petani sedang panen saat itu. Pembagian raskin tambahan saat Ramadan atau Lebaran dikhawatirkan merusak harga beras.

“Makanya dibagikan Oktober dan November. Antisipasi kenaikan Dolar. Selain itu kekeringan relatif panjang dan keterlambatan panen. Ini supaya masyarakat tenang. Diantisipasi dengan tambahan raskin,” jelas dia.

Timotius optimistis kualitas raskin lebih baik. Dia menuturkan Pemkab sudah berkoordinasi dengan Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Triyagan terkait kualitas dan penyaluran beras.

“Ya mudah-mudahan lebih baik. Saya lihat Bulog berani mengembalikan beras yang kurang baik. Ke depan masyarakat jangan dirugikan. Stok sudah koordinasi,” tutur dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge