0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disdik : Sekolah Seharusnya Beri Sanksi yang Lebih Mendidik

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri menilai sanksi kepada siswa yang terlambat membayar SPP dengan mengerjakan ujian di aula tidak dibenarkan. Pasalnya, hal itu akan membuat siswa minder dan hilang percaya diri.

“Harusnya, sekolah bisa memberikan bentuk sanksi lain yang sifatnya lebih mendidik,” tegas Kepala Disdik Wonogiri, Siswanto, Rabu (7/10).

Siswanto mengatakan, soal SPP, seharusnya dicari solusi lain yang terbaik. Pasalnya, SPP merupakan tanggung jawab siswa didik, orang tua wali dan sekolah. Dia mencontohkan, orang tau wali membuat surat keterangan tidak mampu, kemudian membuat surat kesanggupan membayar.

“Saya yakin pihak sekolah akan mengusahakan dengan mengusulkan siswa didik untuk mendapatkan bantuan, namun semua harus sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelasnya.

Namun demikian, banyak sekali faktor lain yang perlu didalami dalam kasus ini. Semua pihak harus proaktif mensikapinya. Orang tua wali sendiri harus lebih meningkatkan pengawasan, disisi lain, pihak sekolah pun harus sedemikian rupa.

“Beda kasus jika ternyata si anak didik menyalahgunakan uang yang diberikan untuk membayar SPP digunakan untuk keperluan lain. Jika terjadi seperti ini, sanksinya juga harus mendidik, misalnya harus membayar tepat waktu di bulan berikutnya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge