0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sering Mangkir, Kasus Dugaan Penipuan oleh Bupati Sragen Tak Kunjung Usai

timlo.net/achmad khalik

Kuasa hukum korban penipuan Bambang Haryanto, Muhammad Taufiq menunjukkan bukti penetapan tersangka oleh pihak Polda Jateng

Solo – Meski telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jateng, Bupati Sragen Agus Fatchurrahman sering mangkir dalam pemeriksaan. Kondisi ini membuat kasus dugaan penipuan bernilai ratusan juta Rupiah yang menyangkut nama orang nomor satu di Sragen ini tak kunjung usai. Tak hanya itu, bencana kebakaran Mapolda Jateng beberapa waktu lalu dikhawatirkan berimbas pada penyelesaian kasus tersebut.

“Kami sudah mengirimkan surat terkait penangkapan Agus Fatchurrahman sejak awal 2015 silam. Namun, belum mendapat respon dari Penyidik Direktrat Resort Kriminal Umum (Ditreskrimum – Red) Polda Jateng,” kata pengacara sekaligus kuasa hukum korban penipuan Bambang Haryanto, Muhammad Taufiq saat berbincang dengan wartawan, Rabu (7/10) siang.

Sejauh ini, pihaknya menerima laporan melalui Surat Pemberitahuan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari penyidik yang menerangkan perkara tersebut masih dalam proses penyidikan dan status Agus Fatchurrahman sebagai tersangka.

Adapun berkas perkara yang sudah pernah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati), lanjut Taufiq, dikembalikan lagi ke penyidik dengan petunjuk bahwa perkara itu tidak memenuhi unsur tindak pidana penipuan, namun adanya unsur gratifikasi.

“Bagi kami, unsur gratifikasi tidah bisa terpenuhi lantaran saat terjadi transaksi uang dari klien kami kepada tersangka (Agus Fatchurrahman), telah mengundurkan diri sebagai Wakil Bupati Sragen,” terangnya.

Dijelaskan Taufiq, unsur gratifikasi terjadi apabila yang menerima gratifikasi seorang pegawai negeri maupun yang masih aktif sebagai pejabat.

Berdasar informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Agus Fatchurrahman saat ini melenggang mengikuti pencalonan Bupati Sragen bersama dengan tiga pasangan calon yang menjadi lawan politiknya. Padahal, dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Polda Jateng.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge