0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakar Komunikasi UNS : Kedaulatan Komunikasi Alami Pengabaian

Pembantu Rektor IV Universitas Sebelas Maret (UNS) bidang kerjasama, Dr Widodo Muktiyo (dok.timlo.net/red)

Solo – Pakar Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Dr Widodo Muktiyo menyatakan, saat ini kedaulatan komunikasi mengalami pengabdian dan tidak diperhatikan. Pemerintah sebagai pemegang kedaulatan rakyat mengalami penurunan kepercayaan.

“Satu sisi kita sudah mendapatkan kedaulatan. Sedang sisi yang lain, pemerintah mempunyai situasi yang serba tidak dipercaya bahkan tidak dianggap,” ujarnya saat berbicara tentang Kedaulatan Komunikasi, di Kampus UNS, Solo, Selasa (6/10).

Padahal, kata Widodo, pada situasi apapun yang namanya pemerintahan tentu mempunyai flatpon, strategi dan langkah-langkah yang dilajukan untuk membawa kemajuan. Tidak ada kepatuhan, dukungan dan partisipasi yang terjadi berjalan secara bebas, persoalan kedaulatan komunikasi menjadi penting.

“Karena itu, kedaulatan komunikasi harus segera dibahas,” tandasnya.

Fakta menunjukkan persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah masalah komunikasi, Dalam bidang politik, elite bertengkar di ruang publik, saling menyerang, dengan berusaha mencari kesalahan lawan, Komunikasi politik yang dibangun oleh elit bukan menjadi pendidikan politik namun sebaliknya, membuat warga semakin muak dengan politik.

Di bidang media massa, kata Widodo, terutama televisi, pengelola memilih tayangan dengan mendewakan rating tinggi namun minim edukasi bagi publik. Mereka cenderung mementingkan pencarian keuntungan walaupun kontennya tak mendidik.

“Aduan terhadap tayangan televise ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meningkat, Pada tahun 2014, KPI mencatat 12.519 aduan mengenai ketidaklayakan tayangan televisi,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge