0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Anggaran Panwaslu, Gubernur Sudah Surati Bupati

timlo.net/agung widodo

Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki

Sragen – Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki mengatakan, Gubernur Jawa Tengah telah berkirim surat kepada Bupati Sragen. Kendati belum mengetahui persis isinya, tapi diperkirakan surat itu terkait dengan kekurangan anggaran Panwaslu dalam Pilbup Sragen 2015.

“Sebelumnya kami memang mengajukan surat kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah yang meneruskan kepada gubernur dan kami akan kawal surat gubernur kepada Bupati Sragen,” kata Slamet Basuki.

Slamet Basuki mengungkapkan, surat dari gubernur itu dikirim pada Jumat (2/10) lalu dan bersifat tertutup. Panwaslu memang membutuhkan anggaran untuk honor dan operasional para petugas pengawas di tingkat bawah. Antara lain untuk membayar honor Petugas Pengawas Lapangan (PPL) tingkat desa selama tiga bulan dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) selama dua bulan.

Selain itu juga anggaran untuk perekrutan 1.644 orang petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk perekrutan petugas pengawas TPS jadwalnya baru dilaksanakan November mendatang.

“Kalau kami tidak punya petugas di tingkat bawah, jelas pasti ada banyak gugatan terkait hasil coblosan,” jelas Slamet.

Dia mengatakan, apa yang dialami Panwaslu Sragen ini adalah satu-satunya di Indonesia, sementara daerah lain yang menggelar Pilkada tidak bermasalah dalam anggaran. Hingga saat ini pihaknya masih mengharapkan kepastian terkait anggaran.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge