0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Butuh Geruduk Pabrik Air Kemasan

timlo.net/nanin

Warga Desa Butuh, Mojosongo, geruduk pabrik air minum

Boyolali — Ratusan warga Desa Butuh, Mojosongo, Boyolali, Selasa (6/10), mendatangi pabrik air kemasan di desa setempat. Mereka kecewa lantaran PT Tirta Amarta Prima dinilai telah ingkar janji. Warga menggelar aksi di depan pabrik dengan pengawalan ketat dari petugas kepolisian.

”Dulu, saat hendak membangun pabrik, ada perjanjian dengan warga, disepakati warga Butuh akan diperkerjakan dan kompensasi air. Tapi nyatanya, dari 150 karyawan pabrik, dari warga Butuh hanya ada empat orang, perusahaan sudah ingkar janji,” ucap koordinator aksi, Joko Marsila ditemui disela-sela aksi.

Pada aksi itu, warga juga memasang sejumlah spanduk bernada protes. Warga yang kesal juga mencorat coret tembok pabrik dengan tulisan. Sebagian lagi ada yang mengeber-geberkan kendaraan. Warga mendesak pihak managemen pabrik mempekerjakan warga sekitar. Selain itu, pihak perusahaan tidak pernah memperhatikan lingkungan.

Sembari menunggu proses negosiasi, warga melakukan orasi secara bergantian. Mereka juga melempari pintu gerbang dengan telur dan kotoran sapi. Sebagian lainnya melemparkan gelas dan botol bekas air mineral ke dalam kawasan pabrik. Bahkan sejumlah pelaku aksi berusaha membakar ban di pintu gerbang, beruntung bisa dicegah anggota Polres Boyolali.

Usai pertemuan, Jaka Marsila mengaku puas dengan hasil pertemuan. Disebutkan, dari pihak pabrik diwakili Bosman dan Ny Sulis dari bagian managemen. Pihak managemen berjanji akan menyampaikan tuntutan warga ke managemen pusat di Jakarta.

“Kita tunggu dua hari, janji perusahaan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge