0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Debat Malam Hari Rawan, Pelaksanaan Debat Diminta Ikuti Rekomendasi Kepolisian

merdeka.com

Ilustrasi Pilkada

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengingatkan KPU kabupaten/kota yang menggelar debat calon kepala daerah di malam hari agar berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jika kepolisian merekomendasikan debat diadakan siang hari, KPU kabupaten/kota diminta mengikuti rekomendasi pihak keamanan.

“Menurut kita, debat publik memang baiknya malam hari. Orang pada longgar. Tetapi jika ada pertimbangan dari kepolisian soal aspek keamanan jika debat digelar malam hari, pertimbangan itu agar diperhatikan,” kata Komisioner KPU Jawa Tengah, Wahyu Setiawan, kepada wartawan, Senin (5/10) kemarin di Solo.

Menurut Wahyu, memperhatikan rekomendasi kepolisian penting mengingat penyelenggaraan debat menyangkut aspek keamanan. Tidak menutup kemungkinan, pendukung tim pasangan calon yang tidak diundang bakal turut hadir.

Di Solo, debat publik tahap I bakal digelar KPU Solo, Jumat (9/10) malam di Hotel The Sunan. Debat bakal disaksikan sekitar 350 undangan.

Dihubungi Selasa (6/10), Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengakui ada kekhawatiran soal pelaksanaan debat di malam hari. Namun, melihat pelaksanaan kampanye satu bulan ini, pihaknya optimis masing-masing tim pemenangan bisa bertindak dewasa dalam berpolitik.

“Setiap paslon hanya diperkenankan mengajak 50 orang anggota tim pemenangan. Kami yakin masing-masing bisa memberi pemahaman pada para pendukung tetap santun dalam pesta demokrasi ini,” beber dia.

Sementara, Kepala Satuan Intelkam Polresta Solo, Kompol Giyono mengatakan, Polresta belum mendapat pemberitahuan debat publik dari KPU Solo. Pertimbangan Polresta akan diberikan setelah pihaknya menerima detail acara penyelenggaraan debat.

“Tergantung jumlahnya yang diundang. Waktu dan tempatnya, kami juga belum dikasih tahu. Kalau KPU sudah memberitahu, kami akan siapkan pengamanannya,” jelas dia, Senin (5/10) kemarin.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge